Perkembangan Gitar


Perkembangan Gitar
   Gitar adalah alat musik yang terbuat dari kayu dengan beberapa bagian dari logam atau metaldan memiliki enam tali atau senar untuk dimainkan. Bagian atas dan bawah dari badan gitar berbentuk angka 8. Keenam senar terikat pada pegs (pasak)atau pemutar yang sering ditarik sepanjang badan gitar, Pegs(pasak) atau pemutar senar ini digunakan untuk menyetel(menyetem) gitar.

A.Perkembangan Gitar di Dunia
   Banyak versi yang beredar mengenai tempat pertama kalinya gitar ditemukan. Beberapa ahli berependapatalat ini berasal dari benua Afrika karena disana banyak ditemukan replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulit kerang dengan gut atau benang sutra. Ahli lain menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief-relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno.
Tak hanya itu, beberapa waktu berselang , muncul pula asumsi bahwa gitar berasal dari Yunani kuno karena ditemukan vas-vas kuno yang bercorak alat musik sejenis gitar. Lain lagi pendapat beberapa ahli Spanyol , mereka beranggapan jika gitar berasal dari Negara mereka karena gitar modern(gitar yang kita kenal saat ini) mirip dengan lat music Spanyol bernama Vihuela yang terkenal pada awal abad ke-16. Vihuela memiliki lengkungan sepanjang sisi yang dalam dan lubang suaranya berbentuk oval. Vihuela terbuat dari ukiran logam.
Walaupun begitu, ada beberapa perkembangan yang patut dicatat dalam sejarah mengenai tempat pertama kalinya gitar ditemukan.

Pertama, beberapa ahli percaya bahwa sejarah gitar dimulai dibelahan Timur Dalam .Disanapara arkeolog menemukan instrument dan benda-benda yang berhubungandengan gitar.Diantara benda bnersejarah yang ditemukan di Babilonia, yang paling relevan adalah Plaques yang terbuat dari tanah liat(1900-1800M).Dalam gambar itu, diperlihatkan sosok-sosok bugil yang sedang memainkan instrument musik.
Beberapa instrument tersebut memiliki persamaan umum yang mirip dengan gitar.Namun, ada perbedaan antara bodi dan leher karena bagian belakang dari gitar itu sangat datar.
Selain itu, disebuaah kuburan koptik di Mesir ditemukan sebuah instrument music yang memiliki bentuk dasar mirip gitar,terdapat lekukan-lekukan yang cukup dalam pada kurva disampingnya, sedangkan bagian belakangnya sangat datar.Permukaan depan dan belakangnya disatukan oleh potongan kayu yang membentuk bagian samping instrument ini. Ciri khas ini dapat ditemukan sampai sekarang.

Kedua, giar berasal dari peradaban Romawi Kuno(30SM-40SM).Mulanya, gitar ini terbuat dari kulit kambing , namun dalam perkembangannya berubah menjadi kayu. Instrument ini memiliki 5 bagian lubang suara yang kecil.

Ketiga , Instrumen pertama Eropa yang bersenar mulai pad abad 3SM.Instrumen ini memiliki kotak suara yang bulat menyambung keleher yang bentuknya melebar. Ada pula instrument lainnya yang bermula di Zaman Dinasti Carolingian, diperkirakan berasal dari Perancis atau Jerman.Instrumen dari Carolingian ini berbentuk persegi empat, mempunyai  panjang kira-kira sama dengan panjang lehernya. Ujung lehernya sedikit melebar dan mempunyai pengikat senar-senar kecil . Cara memainkan alat ini bias dilakukan dengan dipetik atau bias pula menggunakan plectrum atau alat pemetik senar. Instrumen Carolingan ini tidak berubah sampai abad ke-14.

 B.Perkembangan Gitar di Indonesia
  Gitar pertama kali masuk ke Indonesia sekitar abad ke-17 dibawa oleh orang-orang Portugis. Ketika itu, sejumlah tawanan asal Portugis di Malaka dimukimkan Belanda di kawasan berawa-rawa di Jakarta Utara, disebelah kampong Tugu. Agar tidak merasa bosan, mereka menghibur diri dengan bermain musik, alat music yang mereka mainkan saat itu adalah gitar.Jenis gitar yang mereka mainkan ketika itu adalah Gitar Monica(3dawai), Gitar Rorenga(4dawai), dan Gitar Jitera(5dawai).Konon dari hasil pengenalan rakyat terhadap alat music itu ,lahirlah beberapa alat music petik yang dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu keroncong.
Dua abad kemudian, gitar dan keroncong menjadi popular dikalangan bangsawan dan kemudian menyebar keseluruh negeri.

C.Lahirnya Gitar Elektrik

   Bunyi yang dihasilkan gitar listrik atau gitar elektrik berbeda dengan bunyi gitar klasik.Gitar listrik ini pertama kali dibuat pada 1932 oleh Adolphus Rickenbacker.Gitar ini mengambil bentuk rancangan gitar Spanyol tradisional
Setelah itu, perkembangannya terus berlanjut. Ide yang mempercepat perkembangannya diawali dari seringnya diadakan konsser-konser dengan jumlah penonton yang banyak, sehingga jika tanpa bantuan sound system, suaranya tak terdengar, apalagi bila penonton ikut berteriak.
Produser gitar pun bermunculan .Dua yang terkenal Fender dan Ibanez. Selain itu, media-media juga mempublikasikan pemain-pemain gitar hebat melalui majalah bergengsi seperti Guitar Player.Kini komponen-komponen pada gitar listrik , sperti bridge/tremolo,pick-up,juga senar, bahkan diprosuksi terpisah dari produser gitar.
Ada pula hal-hal yang nyentrik dalam perkembangan gitar seperti gitar besenar tujuh yang dipopulerkan oleh Steve Vai pada 1989.Ide ini datang saat dia bergabung dengan David Lee Roth Band pada tahun 1985, menggarap album Crazy from the heat.Dia  memutuskan membuat gitar jenis ini karena sang bassis, Billy Sheehan, sering menyetel bass-nya dengan formasi lain bernama Drop D Tuning (dari atas kebawah:D-A-D-G, umumnya E-A-D-G).Bekerja sama dengan Ibanez pada 1987, akhirnya lahirlah gitar pertama bersenar tujuh , dengan dawai teratas , alias ketujuh , bernada B. Gitar ini dinamakan The Universe-7 String. Vai juga memiliki gitar dengan neck yang berlawanan(menghadap kekiri dan kanan), untuk membuktikan kemampuannya bermain kidal .
Sementara itu, Eddie van Halen menjadi pelopor dalam penggunaan whammy bar up-down yang kemudian dikenal sebagai Floyd Rose tremolo/bridge.Inovasi ini lengkap dengan pengunci senar bagian nut gitar. Sistem ini dikenal sebagai locking nut tremolo system.


  
Eddie mengembangkan system tremolo yang sudah ada sebelumnya . Yaitu tremolo yang bias ditekan down atau turun (menghasilkan nada yang lebih rendah).Sistem lama ini dikembangkan oleh pabrik Fender dan terpasang sebagai perlengkapan standar pada model Starocaster.Inovasi ini terpikir olehnya pada sekitar tahun 1976.Saat itu para gitaris hebat seperti Ritchie Blackmore dan Jimmy Page sering mengalami masalah pada tuning gitar mereka.Karena mereka sering mem-bending(menekuk) senar terlalu banyak untuk menghasilkan suara satu setengah nada lebih tinggi.Akibatnya , senar menjadi kendor dan nadanya juga jadi fals. Dengan locking nut tremolo system, senar dikunci dibagian nut gitar agar tidak bergeser ketegangannya.
Sedikit tambahan ,pada tahun 1991 juga pernah dibuat gitar yang paling besar di Amerika Serikat, tepatnya di Indiana.Panjangnya sampai 11 meter, hamper sama panjang dengan dua buah mobil limosin Gitar ini membutuhkan 6 orang untuk memainkannya . Saat ini perkembangan bentuk gitar sudah sangat beragam. Banyak produsen gitar yang berani mengeluarkan produknya dengan bentuk dan ukuran yang tidak konvensional .Perhatikan saja beberapa gambar berikut


















                                                                                                                                                          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL-SOAL APLIKASI KOMPUTER